Konsep Sebelum Beternak

Sebelum jauh membahas devinisi beternak.
apa yang membuat juragan tertarik untuk terjun menggelutinya ??
padahal beternak itu gampang-gampang susah loh !..apalagi dengan pengetahuan awam seperti ane soal hewan berlambung empat ini..gampangnya ntuh pegang uangnya ketika pasca panen he he..susahnya jika hewan ternak sakit dan mati.
Beternak itu harus mempunyai konsep dan materi yang dibutuhkan,harus mempunyai asas dasar "Beternak itu menyenangkan" Keluar dari asas itu gak mungkin bertahan hingga besar.
kadang ane ntuh lihat iklan yang digemborkan dalam media sosial ntuh bukan konsep cara beternak yang matang aneh he he ya maklum lah orang jualan  bagaimana caranya agar laku. ane juga dulu sempat tergiur sieh he he,dan dari situlah mulai belajar karena ingin mengerti..beda dulu konsep ane jadi sempat jatuh bangun mengejar mu embekkkk.
Wah jadi kemana mana ceritanya niehhh.udah ya kita langsung aja membahas tentang
managemen Beternak domba kambing sapi:
1. Membaca Peluang Pasar
konsep ini menjadi faktor penting sebelum kita menggeluti di bidang usaha.peluang pasar ini bisa kita terapkan setelah juragan membaca peluang di daerahnya..dalam bahasa syariat sudah dijelaskan yaitu  membaca " Ayat Qauniyah" atau bahasa kerenya membaca alam sekitar SDA.yang harus kita lakukan survei
keluar masuk pasar domba kambing sapi,keluar masuk tempat penjagalan hewan potong...kemudian baca jenis hewannya di daerah juragan mana yang dibutuhkan pasar.. paham gan ??? He he he.
2. Membaca SDA
sumber daya alam ini berkaitan dengan unsur pakan karena sebagai penunjang kelangsungan hidup ternak. 90% faktor keberhasilan beternak di pakan.10% perawatan dan bibit.Tentu SDA juga yang berhubungan dengan jenis hewanya dan faktor.saya beri contoh di daerah juragan SDA melimpah rumput peluang pasarnya kambing perah/pembibitan maka ini yang harus dievaluasi lagi penuh dengan keyakinan bisa gak menembus pasarnya.
atau sebagai contoh lagi SDA melimpah limbah pertanian dan kebutuhan peluang pasar ialah daging potong jenis apa? Yang harus diambil alih konsep ialah penggemukan..dan jenis hewan yang cocok dengan sumber daya alamnya.
jika dirasa sudah membaca peluang Pasar dan sumber daya alam kita lanjut aja deh pembahasan ketiga..
3. Perkandangan yang nyaman
membuat kandang yang nyaman tidak harus dengan biaya besar..apalagi bagi yang kantong doraemonya tipis xixi.kandang sehat dan nyaman itu yang terbebas dari kelembapan faktor suhu tidak terlalu panas.bisa kok seperti kandang ane nieh contoh:

Biaya yang dibutuhkan masih bisa dijangkau semua sket pakai bambu dasar dan tiang pakai kayu kelapa.cuman kaki itu susunan batu bata sisa tinggal beli semen dan pasir gak sampai 1 colt deh.atau bisa juga langsung pakai tiangnya yang terpenting tidak lembab tinggi minim dasar kaki dan tanah 1meter.untuk masalah sket tergantung juragan konsep beternak di penggemukan atau pembibitan.
4. Pasca pra kandang.
termasuk dalam menentukan bibit unggul..
hewan sehat, dengan ciri ciri bulu halus mengkilat, kaki panjang lurus dan punggung lurus..dan yang terutama bentuk mulut ini menentukan karena berkaitan dengan kosumsi pakan rakus.(nggragas)
Harus cermat loh dalam memilih suatu bibit bakalan.setelah kita dapatkan masukan kekandang diamkan selama 2-3jam serasa perut kosong lalu juragan suntik obat cacing dan multi vitamin b-kompleks,ADE.diamkan lagi 1jam setelah tenang baru beri makan dan besok paginya dimandikan..cukur bulu bagi domba.kenapa ketika memberi obat cacing perut harus kosong,agar cacing pun mudah dimatikan jika dalam keadaan kenyang cacing tidak sepenuhnya terbasmi malah yang terjadi perut besar(njembling).
5. Mangemen pakan Dan pengobatan
Faktor terpenting dalam menunjang kelangsungan hidup hewan ternak ialah unsur pakan(sumber daya alam).kebutuhan akan gizi ternak pun berbeda dengan kebutuhan untuk hidup dan produksi daging,susu.hewan jika untuk sekedar hidup pun bisa tinggal kita lepas dipadang rumput atau kita carikan rumput.tapi gak optimalkan? Kadang kado kurus,sakit sakitan,susu gak keluar dan macam macam. Semua kembali lagi dengan kebutuhan gizi..
langsung aja saya beri tips penting:
Kebutuhan gizi untuk domba berbeda jauh dengan kambing.domba pencernaan lbh optimal ketimbang kambing,makanya domba yang diberi pakan dengan hitungan protein (PK) 11% dan TDN 60% sudah bisa gemuk dengan asumsi pakan hitungan kering 3-4% x ( bobot hidup). Dan untuk kambing PE kebutuhan gizi yang dibutuhkan minim protein(PK) 14%  dan TDN 64% dengan asumsi pakan 3.5-4.5% dengan hitungan kering.disini sudah jelas biaya cos pakan lebih besar kambing..makanya harga jual mahal kambing PE xixi...dah tau lah wong lebih besar Kambing.paham gan jadi jangan cuma ikut ikutan sekedar asal asalan saja dalam menerapkanya.katanya pingin hasil yang optimal jangan lupa berdoa juga ...he.he.okelah gan sudi kiranya sudah mau membaca coretan ane ini...lain kali saya lanjutkan dengan konsep " Pakan dan pengobatan" karena memang keterbatasan waktu ane...mohon maaf gan he he
hormat juragan
salam bi barokah embek......
Bersambung ke Penanganan Pengobatan Pasca Kandang
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Konsep Sebelum Beternak "